Rabu, 26 Desember 2007 di 08.25 |  

Tulisan Catur Yang Tercecer

TATKALA saya membuka-buka klipping elektronik Harian Kompas, perusahaan media massa tempat dimana saya bekerja sebagai wartawan, tidak saya sangka sebelumnya kalau tulisan saya khusus tentang catur sudah mulai dimuat Kompas edisi 11 November 2000. Jumlahnya lumayan banyak dan beragam. Tulisan catur pertama saya mengenai sosok seorang pecatur Rusia berjudul Vladimir Kramnik, Mengukuhkan Ramalan Gurunya.

Maksud saya mengumpulkan tulisan-tulisan khusus saya yang dimuat Kompas, Intisari, mungkin juga Majalah Bobo, Hai, atau malah beberapa tulisan di blog saya yang lainnya, untuk mengumpulkna tulisan-tulisan yang tercecer itu dalam sebuah blog yang bisa dibaca semua orang. Semua tentu saja yang berkaitan dengan catur, sebuah permainan yang entah mengapa saya sangat menyukainya meski saya tidak terlalu pandai memainkannya.

Khusus di Kompas, adalah berita atau tulisan mengenai catur. Di Intisari, saya pernah menulis satu-satunya artikel tentang anak-anak jenius yang merajai permainan catur. Di Majalah Bobo dan Hai, saya punya cerita pendek atau cerita bersambung yang bertema catur, yang sebaiknya saya tampilkan juga di sini.

Selain itu, di rumah saya punya sedikit koleksi papan catur yang saya kumpulkan dari berbagai negara yang saya kunjungi, daerah dan kota-kota negeri ini yang pernah saya lewati, atau sekedar menitip teman yang kebetulan bepergian. Beberapa di antaranya juga hadiah dari teman, adik, dan istri saya. Saya menyimpan koleksi papan catur itu di sebuah lemari khusus terbuat dari kaca bersusun lima, yang saya pandangi setiap hari.

Ya, itu semua karena kecintaan saya kepada seni olahpikir ini. Siapa tahu, blog tentang catur ini bermanfaat buat rekan dan sahabat yang kebetulan punya minat yang sama. Bagi saya pribadi, kehadiran blog ini untuk lebih mengingatkan kembali diri saya agar jangan lupa menulis dan menulis lagi catur, apapun cerita tentangnya.

Siapa tahu pula, kita semua dipersatukan oleh minat yang sama seperti hakikat semboyan catur dunia bahwa kita semua bersaudara, gens una sumus...
Diposting oleh Pepih Nugraha Label: , , , ,

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum