Selasa, 22 Januari 2008 di 18.53 |  

Bobby Fischer Meninggal

REYKJAVIK, JUMAT- Juara dunia catur tahun 1972 asal Amerika Serikat, Robert James Fischer, meningal dunia di Reyjavik, Islandia, Jumat waktu setempat atau Sabtu (19/1) WIB. Pecatur paling eksentrik berusia 64 tahun ini meninggal di kota dimana ia menjadi juara dunia, Reykjavik, akibat penyakit yang dideritanya.

Fischer mendobrak dominasi catur Uni Soviet (US) saat ia menggulingkan pecatur US Boris Spassky 12,5 lawan 8,5 dalam sebuah dwitarung yang dijuluki “Duel Abad Ini”. Dwitarung menjadi sorotan dunia dikala “Perang Dingin” antara AS-US sedang berada pada puncaknya.
AS dan sekutunya mewakili Barat, sedangkan US dan antek-anteknya mewakili Timur. Fischer mewakili Barat, sementara Spassky mewakili Timur. Pers menyamakan dwitarung terhebat abad ini sebagai perang di atas 64 petak catur.

Fischer yang meraih mahkota juara dunia catur paling bergengsi kala itu berusia 29 tahun. Ia melaju setelah mengalahkan lawan-lawannya di catur kandidat dengan skor menyolok, misalnya mengandaskan pecatur US yang juga pianis Mark Taimanov dan pecatur Denmark Bent Larsen dengan skor 6-0 tanpa balas untuk keduanya.

Sementara, Spassky menjadi juara dunia setelah merebut gelar itu dari rekan senegaranya Tigran Petrosian di tahun 1969. Tahun 1971 Petrosin masih berharap rematch lawan Spassky. Tetapi di semifinal catur kandidat, Fischer menggilasnya 6,5 lawan 2,5. Jadilah pertarungan final dwitarung di Reykjavik itu antara Spassky lawan Fischer.

Tahun 1975 Fischer kehilangan mahkota juara dunianya saat menolak tanding melawan bintang baru Rusia, Anatoly Karpov. Karpov meraih mahkota itu tanpa berkeringat dan mempertahankannya sampai 1985 sebelum ia ditumbangkan pecatur US lainnya, Garry Kasparov. Karpov sempat mempertahankan mahkotanya dua kali saat melawan pecatur US lainnya, Victor Korchnoi di Baguio City (Filipina) dan Merano (Italia).

Saat usia menjelang tua, Fischer menyatakan berhenti catur dan hidup dari royalti buku-bukunya dan paten jam catur Fischer yang diciptakannya. “Fischer Clock” adalah jam catur yang bisa menambah waktu (incremental) setiap kali pecatur melangkahkan buahnya.

Tahun 1992, Fischer melakukan dwitarung ulang lawan musuh lamanya Spassky di Negara yang sedang dihujat dunia, Yugoslavia, di saat AS menerapkan sanksi terhadap Presiden Slobodan Milosevic. Tahun 2004 Fischer sempat ditangkap di Bandara Narita, Jepang, karena menyalahgunakan paspor dan terancam dikembalikan ke AS. Islandia akhirnya memberi Fischer kewarganegaraan.

Spassky yang kini menjadi warga negara Perancis berkomentar pendek atas kematian lawannya itu. “Saya sangat bersedih, tetapi Fischer telah mati, selamat tinggal,” katanya seperti dikutip kantor berita AP. (PEPIH NUGRAHA)
Diposting oleh Pepih Nugraha Label: , , ,

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum